Islamic Boarding School Pesantren UNGGULAN Istana Mulia : Berbasis Al-Qur'an dan Informasi Teknology
Dibuka PSB PesantrenBisnis.com SMP IT Istana Mulia 2014 - 2015 Gelombang ke 3 Mendapat Potongan Uang Pangkal RP. 1 juta (1 1jt u daftar sebelum 1 maret 2014 /Quota Terbatas) PesantrenBisnis.Com SMPIT Istana Mulia Daftar Online Klik disini.

Senin, 18 Juni 2012

Pesantren ( boarding school )

Apa itu Pesantren ( boarding school )?

Pesantren atau Pondok Pesantren (biasanya juga disebut pondok saja) adalah sekolah Islam berasrama (Islamic boarding school). Para pelajar pesantren (disebut sebagai santri) belajar di sekolah ini, sekaligus tinggal pada asrama yang disediakan oleh pesantren. Biasanya pesantren dipimpin oleh seorang kyai. Untuk mengatur kehidupan pondok pesantren, kyai menunjuk seorang santri senior untuk mengatur adik-adik kelasnya, mereka biasanya disebut Lurah Pondok.

Pendidikan di dalam pesantren ( boarding school ) bertujuan untuk memperdalam pengetahuan tentang al-Qur'an dan Sunnah Rasul, dengan mempelajari bahasa Arab dan kaidah-kaidah tata bahasa-bahasa Arab. Istilah Pondok sendiri berasal dari Bahasa Arab (فندوق, funduuq), sementara istilah Pesantren berasal dari kata pe-santri-an.

Sebagai institusi sosial, pesantren telah memainkan peranan yang penting dalam beberapa negara, khususnya beberapa negara yang banyak pemeluk agama Islam di dalamnya. Pesantren menekankan nilai-nilai dari kesederhanaan, keikhlasan, kemandirian, dan pengendalian diri. Para santri dipisahkan dari orang tua dan keluarga mereka, agar dapat meningkatkan hubungan dengan kyai dan juga Tuhan.

Pesantren adalah sekolah pendidikan umum yang persentase ajarannya lebih banyak ilmu-ilmu pendidikan agama Islam daripada ilmu umum. Pesantren untuk tingkat SMP dikenal dengan nama Madrasah Tsanawiyah, sedangkan untuk tingkat SMA dikenal dengan nama Madrasah Aliyah. Pesantren yang hanya mengajarkan ilmu agama Islam saja umumnya disebut pesantren salafi. Pola tradisional yang diterapkan dalam pesantren salafi adalah para santri bekerja untuk kyai mereka - bisa dengan mencangkul sawah, mengurusi empang (kolam ikan), dan lain sebagainya - dan sebagai balasannya mereka diajari ilmu agama oleh kyai mereka tersebut.

Sebagian besar pesantren salafi menyediakan asrama sebagai tempat tinggal para santrinya dengan membebankan biaya yang rendah atau bahkan tanpa biaya sama sekali. Para santri, pada umumnya menghabiskan hingga 20 jam waktu sehari dengan penuh dengan kegiatan, dimulai dari shalat shubuh di waktu pagi hingga mereka tidur kembali di waktu malam. Pada waktu siang, para santri pun belajar ilmu formal, yang dapat diperolehnya dari sekolah umum, sementara pada waktu sore, mereka pun menghadiri pengajian dengan kyai atau ustadz mereka, dengan memperdalam pelajaran agama dan al-Qur'an. Banyak pesantren di Indonesia hanya membebankan para santrinya dengan biaya yang rendah; meskipun beberapa pesantren modern membebani dengan biaya yang lebih tinggi. Meski begitu, jika dibandingkan dengan beberapa institusi pendidikan lainnya yang sejenis, pesantren modern jauh lebih murah.

Salah satu pesantren ( boarding school ) yang terkenal di Indonesia adalah Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor yang terletak di Ponorogo, Jawa Timur. Alumninya bertebaran di seluruh Indonesia. Beberapa alumnusnya yang terkenal adalah:

* Dr. Hidayat Nurwahid (Ketua MPR RI),
* Hasyim Muzadi (Ketua PB Nahdlatul Ulama),
* Prof. Nurkholish Madjid mantan (Rektor Universitas Paramadina),
* Dr. Din Syamsuddin (Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Organisasi massa (ormas) Islam yang paling banyak memiliki pesantren adalah Nahdlatul Ulama (NU).[rujukan?] Ormas Islam lainnya yang juga memiliki banyak pesantren adalah Al-Washliyah dan Hidayatullah.

Salah seorang kyai yang terkenal adalah mantan Presiden Republik Indonesia, KH. Abdurrahman Wahid putra KH. Wahid Hasyim (Menteri Agama), yang juga keturunan kyai terkenal KH. Hasyim Asy'ari.

Pondok Modern Gontor mempunyai cabang pondok Alumi diberbagai pelosok Indonesia dan salah satu yang terbesar antara lain:

* Pondok Modern Arrisalah di Slahung, yang dipimpin oleh KH Ma'sum Yusuf.
* Pondok Modern Assalam Sukabumi di Sukabumi Jawa Barat yang dipimpin oleh K.Badrusyamsi, M.Pd.

Sember : Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Untuk Pesantren sebagai nama kecamatan, lihat Pesantren, Kediri. Murid Pesantren

Al Mu'min
• Pondok Pesantren Al-Islam
• Pondok Pesantren An-Nuqayah
• PPMI Assalaam
• Yayasan Pesantren Islam Bangil
• Pondok Pesantren Cipasung
• Pondok Pesantren Daar El-Qolam
• Pondok Pesantren Darul Hikmah
• Pondok Pesantren Gontor
• Pesantren Hidayatullah
• Manarul Huda
• Pondok Pesantren Al-Amien
• Pondok Pesantren Darunnajah
• Pondok Pesantren Futuhiyyah
• Pondok Pesantren Langitan
• Pondok Pesantren Maskumambang
• Pondok Pesantren Raudhatul Ulum
• Pesantren Salaf

Tidak ada komentar:

Peta Lokasi SMP Informasi Teknologi ISTANA MULIA (SMP IT IM) Boarding School

Peta Lokasi SMP Informasi Teknologi ISTANA MULIA  (SMP IT IM) Boarding School
Rute Mobal Jakarta KarangBolong Anyer Carita : Tol Jakarta Merak - Keluar Pintu Tol Cilegon Barat, ambil Jurusan Anyer Carita Labuan, 1km dari Hotel Pesona Karakatau, dan 50 meter dari Pantai Pasir Putih Jambu, Naik Keatas 1,5KM (kampung nangkabeurit)