Rabu, 30 Juli 2014

Berikut adalah 5 Langkah Sukses Meraih Prestasi

Langkah Satu : Yakinlah, Kamu Pasti Bisa!


Mengapa kamu wajib yakin? Kudu dong, karena yakin adalah fondasi dalam hidup ini, dengan keyakinan kita akan melakukan amal, dengan amal kita akan dapat hasil, dengan adanya hasil maka kita bisa menikmati lezatnya takdir kesuksesan. Dan Ust.Ayi sudah membuktikannya selama 6 tahun di luar negeri. Inilah keajaiban, bukan hanya Ust.Ayi bocah kampung yang belajar di sekolah reyot. Tapi jarak sekolahnya juga sangat jauh dari rumah. Ust. Ayi kecil harus bejalan kaki sampai 5 km yang harus ditempuh setiap harinya.

Keyakinanlah yang mengantarkan Ust.Ayi bisa lulus belajar di luar negeri, bahkan bisa keliling ASEAN dan Timur Tengah. Dengan keyakinan pula Ust.Ayi mampu menjadi sarjana Hubungan Internasional pertama di Jakarta dan bisa menulis buku laris Indahnya Berbisnis dengan Tuhan. Lalu, keyakinan apa yang dapat menguntungkan dan menjadikan kamu suskes?

Pertama, keyakinan akan pertolongan Allah. Karena kamu adalah ciptaan Allah. Pastinya Allah sangat sayang kepada kamu. Bahkan para malaikat dan binatang semuanya mendo’akan kamu, supaya kamu sukses dan bahagia dunia akhirat. Artinya kamu tidak berjuang sendiri. Maka yakinlah bahwa Allah akan memudahkan usaha kamu dan akan menolong kamu. Coba kamu perhatikan Sabda Nabi berikut ini :

“Barangsiapa berjalan di satu jalan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah mudahkan jalan menuju surga. Dan sesungguhnya malaikat meletakkan sayap-sayapnya bagi penuntut ilmu tanda ridha dengan yang dia perbuat. (H.R Muslim)

Kedua, yakinlah ini jalan terbaik. Hai Friends... Inget juga apa kata para ulama, ”Waktu, tenaga, fikiran dan uang yang banyak digunakah untuk belajar adalah cara terbaik menjemput kesuksesan, kekayaan dan kebahagiaan”. So... ayo semangat mencari ilmu.

”Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan, Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al Mujaadilah (58) : 11)

Ketiga, yakinlah bahwa kamu Jenius. Setiap anak terlahir bersih, suci dan sangat jenius. Karenanya setiap kamu memiliki potensi kecerdasan yang lebih besar dari pada yang pernah digunakan oleh LEONARDO DA VINCI. Dan Allah telah mengisi otak manusia dengan lebih dari 99 miliar sel aktif, masing-masing memiliki hingga 20.000 koneksi. Maka jangan matikan koneksinya dengan menutup atau menghancurkannya dengan keyakinan, perkataan dan perbutan negatif.


l KERANGKA BERFIKIR PEMENANG
SAYA PASTI SUKSES hanya 5% orang berfikir pemenang
l KERANGKA BERFIKIR PECUNDANG
SAYA BERHARAP SUKSES 95% orang berfikir pecundang

Nah, jika kamu sekarang sudah yakin, maka mantapkan tujuan, singsingkan lengan baju, bangkit dan bergerak, berbuat sebaik mungkin untuk menjemput sukses. Pastikan jangan hanya ia menunggu.

Langkah Dua : Mulailah Action, Sekarang Juga!
Alhamdulillah kamu sudah sampai ke bagian ini. Artinya terminal kesuksesan sudah semakin dekat dalam diri kamu. Setelah kamu yakin bahwa Allah akan menolong kamu, bahwa belajar adalah jalan terbaik dan terindah bagi kamu. Dan kamu juga yakin bahwa kamu sangat jenius. Maka dalam bab ini kamu harus faham bahwa hidup ini dalah perbuatan.

Suskes tidak dapat diraih dengan khayalan, atau hanya bicara, tapi kamu harus take action alias lakukan saja sekarang dan jangan tunda lagi. Kalimat tar sok… tar sok alias selalu menuda besok adalah bahasa syetan. Serem banget ditemenin syetan. So... jangan pernah berteman dengan syetan. Okehh!

Ingat apa kata pepatah “ Hidup ini Hanya Sekali, Mari jadikan Lebih Berarti. Hidup Tak Pernah Mengenal Siaran Tunda, Mari Jadikan Lebih Bermakna. Hidup Bukan Sekedar Perbuatan Karena Hidup Adalah Pertanggungjawaban. Maka Siapkan hati, pikiran, tenaga dan semua potensi untuk membahagiakan orang tua dan orang tercinta”. Coba kamu ikuti langkah Mudah dan Asyik Belajar. Ok guys!!!

Tulislah 6 hal yang paling kamu inginkan dalam hidup ini? Bayangkan apa yang terjadi jika kamu mendapatkannya. Sekarang kamu bingkai tulisan itu dengan rapih. Cantumkan foto kamu dan foto orang yang paling berjasa dalam hidupmu. Tempelkan di tempat yang sering kamu terlihat.

Tulislah juga 6 hal yang bisa menghambat dan menghancurkan keinginan kamu? Lalu kamu bayangkan apa yang akan terjadi jika 6 hal itu melekat dalam diri kamu, apa yang akan terjadi? Sekarang kamu pejamkan mata dan mulai hapus 6 hal tersebut, buang dan lemparkan ke lubang ujung bumi yang paling dalam.

Tulislah 6 hal yang bisa membuat kamu sukses. Apa yang akan terjadi jika 6 hal tersebut bisa kamu lakukan? Mengapa orang lain bisa melakukannya? Mengapa orang menjalaninya dengan asyik? Pastinya kamu lebih bisa melakukannya.

Mulailah buat rencana belajar. Kamu tulis target nilai yang ingin kamu capai. Lalu tempelkan di tempat yang sering kamu lihat. Jangan lupa tempelkan juga foto orang yang paling berjasa dan paling kamu cintai disamping target itu.

Buat jadwal belajar. Urutkan sesuai pelajaran yang paling penting. Lalu, berikan alokasi waktu yang cukup. Lakukan belajar dengan cara dan tempat yang tepat. Pilih teman yang bisa mensukseskan target nilai kamu. Jangan terlalu dekat dengan orang yang bisa mengganggu belajar kamu.

Aksi yang istiqomah. Ust.Ayi yakin kamu tipikal siswa yang konsisten, yang setiap hari membaca buku, menggaris bawahi hal yang penting, memindahkannya dalam catatan kecil, memahaminya, menghafalnya dan mengulanginya setiap hari.

Baca buku penting. Pastikan kamu sudah membaca buku seri panduan asyik dan hebat belajar dan ujian nasional serta ikut trainingnya : Cara baca cepat, cara belajar menyenangkan, maind Mapping (pemetaan pikiran), Super memory (daya ingat super), cara mudah dan asyik menghadapi ujian.


Langkah Tiga : Enjoy Aja! Segalanya Menjadi Asyik


Apa hobi kamu? Apa yang kamu rasakan ketika main futsal? Pastinya terasa asyik dan menyenangkan. Jika kamu ingin sukses, maka semangatlah belajar seperti kamu main futsal. Selama apapun dan sesusah apapun pasti asyik dan menyenangkan.

Belajar adalah permainan. Maka jadikanlah semua suasanamu menyenangkan. Karena belajar akan efektif jika dilakukan dalam suasana menyenangkan. Dalam langkah ketiga ini Ust.Ayi akan memberikan kiat agar belajar kamu menyenangkan, ikuti ya! But... tersenyum dulu dong...

Tulis dan katakan kalimat positif. Tulislah kalimat positif sebanyak mungkin, minimal 10 kalimat sempurna. Contoh ”Aku sangat senang pelajaran ini....Pelajarannya sangat mudah... gurunya sangat perhatian dan menyenangkan... soal-soal testnya mudah dan asyik... hasinya pasti baik, asyik...asyik...dan asyik...hore... ”

Bayangkan hal-hal yang indah. Banyaknya berfikir yang postif akan menyebabkan dunia ini terasa semakin luas dan lebih indah. Sebagaimana Allah berfirman ”Aku selalu berada bersama perasangka hamba-hamba-Ku”. Maka sebaliknya jika kamu seringnya berfikir yang buruk akan menyebabkan kesengsaraan yang tidak berujung. Maka jangan pernah berfikir dan berkata dengan apa yang kamu tidak inginkan.

Nikmatilah hidup ini dengan tenang dan senang. Karena Allah tidak akan pernah memberikan beban apapun kepada kamu, melebihi kapasitas kemampuan kamu. Segera bangkit dan bergerak untuk beramal yang terbaik untuk kehidupan dan masa depan kamu.

“Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.” (QS. Al-Baqarah (2): 286).


Langkah Empat : Belajarlah dan Praktekan

Mengapa kamu belajar? Ya belajar dong, kalau nggak belajar kita tidak bisa apa-apa. Tidak mungkin orang bisa berjalan tanpa belajar. Tidak mungkin orang bisa membaca tanpa belajar membaca, tidak mungkin bisa bicara tanpa belajar berbicara. Dan kamu tidak akan bisa menghitung kecuali kamu belajar menghitung.

Inget loh, jika kamu tidak bisa menghitung akan jauh dari untung alias buntung. Maka belajarlah dan peraktekanlah. Menurut para ahli, belajar yang paling efektif adalah dengan mempraktekannya.

Tahukah kamu bahwa kita belajar 10 % dari apa yang kita baca. 20 % dari apa yang kita dengar. 30 % dari apa yang kita lihat dan dengar. 50 % dari apa yang kita katakan. 90 % dari apa yang kita katakan dan lakukan.

Kunci sukes berarti belajar dan praktek. Kamu belajar berbicara dengan berbicara. Kamu belajar berjalan dengan berjalan. Kamu belajar membaca dengan membaca. Maka kamu belajar paling baik adalah dengan mempraktikkannya.

Apakah ada jalan pintas untuk meraih kesuksesan? Jawabannya, belum ada! Segalanya membutuhkan proses. Tapi kamu jangan khawatir, karena pada dasarnya, setiap orang memiliki kemungkinan dan kesempatan untuk sukses. Namun dalam prosesnya setiap orang harus banyak belajar dan benar-benar mengenal Pemilik Kesuksesan (Ma’rifatullah), memahami siapa dirinya (ma’rifatul Insan), apa tujuannya (ghooyatul hayaat) dan langkah apa yang harus dikerjakannya (minhaajul hayaat).

Belajar yang baik adalah belajar yang dilaksanakan dengan penuh yakin dan keteraturan, semangat dan integritas. Sekalipun ia harus memulai dengan hal-hal yang dianggap kecil dan sepele bahkan divonis hina oleh orang lain.

Membaca tidak boleh menanti waktu luang, karena didunia ini tidak ada waktu luang, seorang penganguranpun merasa sibuk mencari kerja, apalagi yang sudah bekerja, maka kamu harus meluangkan waktu untuk membaca.

Ayat yang pertama turun ke muka bumi adalah perintah membaca, dengan banyak membaca orang akan dewasa, dengan banyak membaca orang akan terbuka paradigma dan pemikirannya, dengan membaca dia akan bijaksana dalam setiap kebijakannya, dengan membaca dia dapat menguasi dunia.

Dengan membaca akan membentuk pribadi menjadi lebih hebat dari keadaan saat ini, karena kehidupan itu sendiri adalah buku dahsyat yang paling unik dan guru yang terbaik. Miracle Happen mengatakan : Learn from the Best! Work with The Best! Do the Best! Believe and Pray for the Best!


Langkah Lima : Jaga Fisik dan Mental

Kenapa kamu harus menjaga tubuh kamu? ”Suka-suka dong, mau dijaga atau tidak, mau di cinta atau mau di benci, mau dirawat atau mau dirusak, khan punya gue”. Eleh eleh, stop dulu bos… jangan nyerocos dulu, bukankah tubuh ini titipan Allah, yang suatu saat akan diminta pertanggung jawabannya. So… hati-hati guys dengan your body.

Coba kamu perhatikan juga langit yang menjulang tinggi dan bumi yang terhampar luas, siapa yang menciptakan? Subhanallah… dunia ini sangat indah. Allah yang telah menciptkan langit dan bumi serta seisinya begitu hebat. Miliyaran jenis tumbuhan dan binatang Allah ciptakan untuk membantu kesuksesan kamu. Dan ingat, bahwa Allah telah menciptkan kamu dengan penciptaan paling sempurna.

Ngomong-ngomong kamu mau jual mata tidak? Kira-kira berapa harganya? Wah temen Ust.Ayi ada yang bilang ”Ogah dah jual tubuh, walau belum punya duit”. So menurut kamu nikmat Allah dalam tubuh ini mahal ngak sih? Waduh, sepertinya tidak dapat dinilai dengan uang ya. Pastinya sangat mahal. Kalau begitu bagaimana kamu dapat membalas nikmat itu? 

Tahukan kamu organ apa yang paling berharga dalam diri kamu? Ada tiga organ yang paling vital, yaitu your head, your heart, and your body. Supaya ketiganya bisa digunakan, maka kamu harus menyalakannya dan merawatnya.

Kok dinyalakan kaya lampu listrik saja? Oh iya freind... kepala, hati dan badan kamu, semuanya membutuhkan energy untuk tatap hidup dan bisa memberikan cahaya kehidupan untuk kamu.

Pertama kamu harus jaga your Head alias kepala. Kamu beruntung karena setiap kepala manusia ada otak dengan lebih dari 99 miliyar sel otak. Namun ingat bahwa otak kamu sangat membutuhkan energy untuk menyalakannya. Satu-satunya yang dapat menyalakan sel otak kamu adalah belajar dan ilmu yang kamu pelajari.

Sabda Rasulullah bahwa ilmu adalah cahaya yang akan menerangi kamu. ”Barangsiapa yang menginginkan kesuksesan dan kebahagian dunia akhirat, maka harus dengan ilmu” (hadits).

Tanpa ilmu manusia akan gelap gulita seperti orang buta. Dimanapun dan kapanpun dia berada akan tetap gelap. Maka menuntut ilmu itu wajib dan dosa kalau malas meraihnya.

Organ kedua yang sangat penting dalam tubuh kita adalah hati. Menurut Syeikh Ibnu Qoyyim bahwa hati adalah raja dan panca indra adalah menteri-menterinya. Menurut Rasulullah ”Hati adalah filter, jika hatinya bersih maka semua akan bersih, jika hatinya kotor maka semua perbuatannya akan kotor”.

Maka jika kamu ingin sukses, kamu harus menjaga hati agar tetap hidup dan tetap kinclong.

Tapi ngidupin hati pake apa ya? Hati dihidupkan dengan iman dan ikhlas. Iman adalah yakin akan Allah dan ikhlas adalah pengabdian tanpa pamrih alias bukan karena ingin dipuji dan dihargai manusia.

Jika keduanya tidak ada atau redup, maka reduplah segalanya, bahkan mati, akhirnya segalanya menjadi gelap, selanjutnya kata yang sering meluncur ”Au ah gelaap”. Bagaimana bisa menjadi hebat kalau pada gelap, melihat matematik ”gelap”, mengikuti bahasa ingris ”gelap”, menghafal Al-Qur’an ”gelap”, belajar IPA ”gelap”, Melihat Ortu gelap, melihat guru gelap..gelap dan gelap. Jadi... yang tidak gelap apanya dongg? Jika keadaannya seperti itu berarti hatinya penyakitan.

Manusia yang hatinya penyakitan alias kotor, biasanya terlihat dari tanda-tandanya. Yaitu cepat mengeluh, cepat bosan, cepat marah, pesimis, banyak berkhayal, banyak bicara yang kaga perlu, suka menghardik, senang menghina, malas ibadah, malas belajar, de el el.

Amanah Allah pada diri kamu adalah fisik. Itu tuh badan kamu ini, yang membantu kamu berjalan, duduk, menulis, mendengar, melihat, membaca, de el el. Semuanya harus dijaga jangan sampai sakit. Ingat sabda Rasul ”Akal yang sehat terdapat dalam tubuh yang sehat”.

Bagaimana cara agar fisik kamu tetap sehat dan bugar? Jawabannya sangat simple “Makan dan minum yang teratur”. Enak khan! makan ya uenak... Tapi jangan lupa bahwa makan dan minumnya yang seimbang. Sabda Rasul ”Perut itu sepertiganya untuk makan, sepertiganya untuk minum, dan sepertiganya untuk bernapas”. Artinya kamu jangan telat makan, atau kerjanya makan melulu, yang sedang-sedang aja coy...

Tidur Lebih Awal. Buat hari-harimu sibuk dengan membaca, berdiskusi, mengisi soal-soal dan bertanya kepada guru dan teman. Pastikan tidur secukupnya.
Jika kamu cepat ngantuk, cepat capek, cepat lelah, cepat pusing, cepat sakit... hati-hati itu gejala sakit. Maka yang harus kamu lakukan adalah relaksasi atau olahraga ringan setiap 15 menit per hari.

Baca Artikel lainnya Panduan Sukses Untuk Siswa

Cara Mudah Dapat Nilai Memuaskan
Cara Mudah dan Menyenangkan Belajar Matematika
5 Langkah Sukses Belajar
Jauhi Musuh Kesukesan
Sayangi dan Patuhi Orang Tua
Cara Mendapat Nilai 9
Cara Mudah Menghafal Qur'an
Cara Konsentrasi Belajar

0 komentar:

Popular Posts

Arsip SMP IT Istana Mulia Boarding School



Bookmark and Share

Selamat Anda Terpilih Untuk Bergabung dengan Komunitas Sukses Dunia Akhirat, mau?