Rabu, 30 Juli 2014

Jika kamu ingin sukses, maka berkonsentrasilah dalam setiap aktivitas kamu, coba kamu ikuti cara sukses agar kamu konsentrasi dibawah ini:
  • Biasakan sarapan walau hanya sedikit
  • Biasakan Berwudhu Kerena akan menghapus dosa dan akan meningkatkan cahaya diwajah Kamu
  • Cari tempat yang tenang
  • Pejamkan mata anda dengan lembut.
  • Baca Basmallah
  • Baca Istigfar 3x
  • Tarik napas yang dalam
  • Ucapkan Alhamdulillah ya Allah 33x dan ingat dan pikirkan hal yang indah dalam hidup bersama Ibu Bapak 
  • Terus tarik napas yang dalam dan tersenyum
  • Latihan ini bisa anda lakukan beberapa kali dalam sekali duduk rileks.

Cara Sukses Meningkatkan Konsentrasi

Makan Wortel

Sayuran segar berwarna oranye ini memiliki senyawa yang disebut luteolin. Fungsinya adalah mengurangi peradangan otak dan membantu mengurangi penurunan memori yang berkaitan dengan usia. Sebagai zat yang efektif untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, luteolin juga banyak ditemukan pada paprika dan seledri.

Anda butuh Olahraga

Setiap orang butuh lebih dari sekedar duduk seharian di depan komputer atau meja belajar. Tubuh butuh aktif bergerak karena memang didesain seperti itu. Maka, aktiflah berolahraga agar Anda tidak menyalahi kodrat ini. Berolahraga bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk meningkatkan konsentrasi.

Sempatkan untuk berolahraga 20-30 menit setiap hari, baik latihan beban, jogging, bersepeda dan lainnya. Selain membantu meningkatkan konsentrasi, rajin berolahraga juga bisa memperbaiki kualitas tidur Anda. Tidur berkualitas juga menjadi faktor penting agar konsentrasi Anda tetap terjaga sepanjang hari.

Tadabur dan Tafakur (Meditasi dan Mengingat yang baik/Positif)

Ini adalah cara konvensional yang telah digunakan sejak ratusan tahun lalu baik untuk meredakan stres maupun meningkatkan konsentrasi otak. Di sela kesibukan Anda, cobalah berhenti sejenak. Tarik napas dalam-dalam dari hidung. Bayangkan Anda sedang berada di pantai dengan hembusan angin yang lembut, kicauan burung, diiringi dembur ombak yang menyapu pasir. Hembuskan napas dari mulut bersama segala kepenatan, stres dan permasalahan yang Anda rasakan saat ini. Lakukan meditasi selama 5 menit maka otak Anda akan kembali segar dan lebih fokus pada pekerjaan.

Kurangi Karbohidrat

Tim peneliti dari Queensland University Australia juga menemukan bahwa pola makan tinggi karbohidrat dan rendah protein dapat mengurangi kinerja otak sebanyak 25 persen. Ini artinya Anda perlu mengubah menu makan Anda menjadi rendah karbohidrat, tinggi protein dan Omega-3 untuk meningkatkan konsetrasi bekerja.

Omega-3 adalah nutrisi penting untuk meningkatkan kemampuan kognitif termasuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat otak.

Apa Penyebab Kurang konsentrasi ?

Jika kamu ingin sukses dalam hidup, maka hindarilah hal hal yang dapat mengurangi konsentrasi atau daya ingat kamu berikut ini :

Kurang Tidur : Pada seseorang yang memiliki masalah dengan insomnia dan kurang tidur, sangat beresiko mengalami sering lupa. Itu karena dari hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli menunjukan bahwa manusia perlu sedikitnya 6 jam tidur/beristirahat, akan menyebabkan kurangnya potensi maksimumnya.

Banyak bercanda atau bergurau : Seorang muslim yang baik selalu serius dalam segala aktivitasnya, dia selalu menghasilkan yang paling baik dan bermanfaat dalam setiap amalnya, kurangi bergurau yang tidak perlu apalagi ada unsur menghina orang lain

Banyak Melamun, Depresi atau stres : Ketika pikiran kosong dengan dzikir, maka syaitanlah yang akan mengisinya. Tidak banyak orang yang tahu bahwa depresi juga dapat menyebabkan lemahnya daya ingat seseorang. Dan yang paling berbahayanya lagi, depresi kini dapat terjadi pada siapa saja tidak tergantung pada usia. Dan dalam kasus depresi yang cukup kuat, penderita sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dari dokter-dokter yang berkompeten di bidangnya.

Merokok, minum Alkohol dan obat-obatan : Seseorang yang kecanduan minuman beralkohol dan jenis-jenis obat tertentu, dapat memicu turunnya / melemahnya daya ingat.

Penyakit tertentu : Terjadinya penurunan daya ingat juga dapat dipengaruhi oleh adanya beberapa penyakit. Dan salah satu penyakit yang sangat mempengaruhi pada turunnya ingatan seseorang diantaranya seperti diabetes, Alzheimer dll.

Seri Buku Panduan Cara Sukses Untuk Menjadi Generasi Unggulan “ Konsentrasi ” bersama Ust Ayi Muzayini

0 komentar:

Popular Posts

Arsip SMP IT Istana Mulia Boarding School



Bookmark and Share