Senin, 07 Juli 2014

PANDUAN KURIKULUM PENDIDIKAN UNGGULAN ISTANA MULIA (KPIM)

Kurikulum Pendidikan Istana Mulia (KPIM) adalah kurikulum khas PesantrenBisnis.com Istana Mulia. Panduan kurikulum ini merupakan penjabaran dari Pedoman Dasar Kurikulum. Pelaksanaannya dituangkan dalam bentuk 10 (sepuluh) Buku Panduan, yang kerangkanya mencakup: (1) pembukan, (2) latar belakang, (3) maksud dan tujuan, (4) azas dan landasan, (5) pendekatan, (6) defenisi, (7)ruang lingkup, (8) Pelaksana, (9) sarana dan prasarana, (10) program, (11) anggaran, dan (12) Penutup.

Kesepuluh Buku Panduan tersebut adalah:

3.1 Panduan Kepemimpinan

Panduan Kepemimpinan akan mengantarkan anak pada pengetahuan dan pemahaman tentang apa dan bagaimana kepemimpinan, kemudian membimbing anak mempraktikkan nilai-nilai kepemimpinan. Panduan ini tidak saja menyadarkan dan membangkitkan anak akan potensi kepemimpinan dalam dirinya, tapi juga memperkuat keyakinan anak bahwa dirinyaadalah calon pemimpin masa depan. Dengan demikian anak tergerak, bersemangat, dan serius mempersiapkan dan membekali dirinya menjadi pemimpin.

3.2 Panduan Bisnis

Panduan Bisnis akan mengantarkan anak pada pengetahuan dan pemahaman tentang apa, bagaimana, dimana dan kapan berbisnis, khususnya bisnis online. Panduan ini tidak saja menjadikan anak suka dan senang dengan dunia bisnis (offline dan online), tapi juga memantapkan keyakinan dan keberanian anak untuk memulai bisnis sejak dini dan selalu siap dengan tantangan dan risiko yang akan dihadapinya. Dengan demikian anak tergerak, bersemangat, dan serius mempersiapkan dan membekali dirinya menjadi pebisnis sukses.

3.3 Panduan Tajwid, Tahsin dan Tahfidz (T3)

Panduan T3 akan mengarahkan anak untuk senang, dekat dan mencintai Al-Qur’an. Panduan ini akan menuntun dan merangsang anak bersemangat untuk memulai dan menambah hafalan Al-Qur’an.

3.4 Panduan Informasi Teknologi (IT)

Panduan IT akan mengantarkan anak pada pengetahuan dan pemahaman tentang apa, bagaimana, kapan, urgensi, dan pemanfaatan informasi teknologi secara tepat guna. Panduan ini membuat anak terbiasa dan mahir dalam penggunaan alat informasi teknologi terkini.

3.5 Panduan Tarbawi
Panduan Tarbawi mengantarkan anak memiliki Syakhsiyyah Islamiyah (kepribadian Islami) dengan target: salimul aqidah (aqidah yang lurus), shohihul ibadah (ibadahnya benar), matiinul khuluq (akhlak yang kokoh), qaadirun ‘alal kasbi (sukses menjadi pengusaha), mutsaqaful fikr (wawasan yang luas), haritsun ‘ala waqtih (pandai mengelola waktu), munazhomun fii syu’unih (teratur dalam setiap urusan), qawiyyul jism (fisik yang kuat), dan naafiun lighairihi (bermanfaat buat orang lain).

3.6 Panduan Talenta

Panduan Talenta akan membantu anak mengenali potensi minat dan bakatnya. Panduan ini membimbing anak dapat mengasah dan mengembangkan minat dan bakatnya, sehingga anak memiliki spesialisasi di bidangnya.

3.7 Panduan Ujian Nasional (UN Dikbud)

Panduan UN Dikbud akan mengantarkan anak menumbuhkan dan meningkatkan rasa senang dan sikap percaya diri dalam menghadapi ujian nasional. Panduan ini mengkondisikan anak nyaman dan terbiasa menghadapi soal-soal ujian nasional, sehingga anak mampu mencapai nilai UN terbaik.

3.8 Panduan Pembentukan Karakter
Panduan Pembentukan Karakter akan mengantarkan anak memahami, mencintai, dan mengamalkan adab-adab dan akhlak Islam, serta anak tergerak mengajarkannya ke orang lain.

3.9 Panduan Berbahasa Arab

Panduan Berbahasa Arab akan mengantarkan anak menyenangi, memahami dan mempraktikkan komunikasi Bahasa Arab dalam kesehariannya dengan baik dan benar.

3.10 Panduan Berbahasa Inggris

Panduan Berbahasa Inggris akan mengantarkan anak menyenangi, memahami dan mempraktikkan komunikasi Bahasa Inggris dalam kesehariannya dengan baik dan benar.

0 komentar:

Popular Posts

Arsip SMP IT Istana Mulia Boarding School



Bookmark and Share

Selamat Anda Terpilih Untuk Bergabung dengan Komunitas Sukses Dunia Akhirat, mau?