Senin, 07 Juli 2014




KATA PENGANTAR BUKU PROFIL ISTANA MULIA

Pesantren Bisnis (Entrepreneurs Academy) Istana Mulia
Sekolah Bisnis (school of business) dan
sekolah Kepemimpinan (school of leadership)

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Semoga salawat dan salam senantiasa tercurah kepada pemimpin para pendidik dan pemimpin kita, pebisnis sukses dunia akhirat, Nabi Muhammad saw, juga untuk keluarga dan seluruh sahabat beliau.

Kondisi dunia Islam terkini begitu mengkhawatirkan. Krisis kepemimpinan dan keterpurukan di segala bidang (politik, ekonomi, sosial, dan budaya) melanda negara-negara Islam. Ummat bagaikan buih di lautan, terombang-ambing tiada menentu. Sementara musuh-musuh Islam dengan segala kedigdayaannya siap mencengkram dan memangsa ummat yang tidak berdaya ini. Tidak terkecuali negeri kita tercinta, Indonesia. Ummat Islam Indonesia sebagai pemilik saham terbesar bangsa ini tidak mampu menghadirkan sosok pemimpin ideal sebagai representasi ummat. Kemana para pemuda Islam? Dimana para remaja Islam? Dimana kepedulian kita selama ini?

Inilah buah dari kegagalan sistem pendidikan. Pendidikan di Indonesia selama ini lebih mementingkan akademis, mulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Pola pendidikan yang hanya sebatas proses pengajaran, jauh dari hakikat pendidikan sesungguhnya. Akhirnya yang muncul adalah generasi yang ‘memble’ dan ‘melempem’, yang ada remaja dan pemuda yang nyata-nyata terlena dengan kondisi hiruk pikuk zamannya. Alih-alih berilmu pengetahuan, malah lemah dalam hal penguasaan ilmu duniawi dan ukhrawi. Sistem pendidikan yang tidak mengedepankan pembentukan karakter (Islami) telah gagal total menyiapkan generasi pengganti, generasi yang tidak siap menghadapi tantangan zaman yang kian kompleks.

Kondisi demikian memang tidak akan pernah selesai kalau sekedar dikeluhkan dan disesalkan. Harus ada langkah-langkah nyata dan sistematis demi sebuah perubahan, dengan agenda utama menyelamatkan dan membawa ummat ke arah yang lebih baik. Kami merenung, berpikir, berdiskusi, dan menela’ah secara mendalam yang akhirnya sampai pada titik kesimpulan yakni perlunya sebuah desain besar (grand design) pembangunan peradaban mulia. Ya, itulah blueprint (cetak biru) Sistem Pendidikan Islami dengan bersumber dari keaslian nilai-nilai Qur’ani dan Sunnah kenabian, yang harus menjadi pegangan dan rujukan utama bagi para pegiat pendidikan dan bagi umat Islam secara keseluruhan. Karena sesungguhnya ummat ini tidak akan menjadi baik jika tidak diperbaiki sebagaimana dulu Rasulullah memperbaiki ummat.

Ingat! Allah swt telah memerintahkan kita untuk mempersiapkan kekuatan apa saja untuk menghadapi musuh-musuh-Nya, dalam firman-Nya:

“Dan persiapkanlah kekuatan apa saja untuk menghadapi mereka...”. (QS. 8:60 )

Bermodal keyakinan kepada Allah swt akhirnya Ustadz Ayi Muzayini memantapkan diri mendirikan Taman Wisata Pendidikan PesantrenBisnis.com (Entrepreneurs Academy) Informasi Teknologi Istana Mulia, mengusung visi “Menjadi Sekolah Kepemimpinan dan Sekolah Bisnis Terunggul dan Terpercaya Dalam dan Luar Negeri”.

Buku ini memberikan informasi lengkap tentang apa dan bagaimana PesantrenBisnis.com Istana Mulia. Mulai dari visi, misi, tujuan, keunggulan, penjelasan pedoman dasar kurikulum, 10 panduan kurikulum, program unggulan, peraturan dan tata tertib, profil singkat manajemen, profil singkat guru, hingga bentuk-bentuk kegiatan santri Istana Mulia.

Semoga buku ini menyadarkan kita semua bahwa ternyata ada metode pendidikan yang lengkap berlandaskan cinta dan kasih sayang, dengan mengambil langsung dari petunjuk Nabi saw dan sunnah-sunnah beliau yang suci, itulah metode pendidikan berbasis 4 Sifat Rasulullah saw. Rasulullah saw yang maksum, yang tidak berbicara dan bertindak menurut hawa nafsu, sangat tepat menjadi pedoman utama dalam membingkai sistem pendidikan yang Islami. Jika semua pendidik di Indonesia memahami hal ini dan mengamalkannya, niscaya akan terjadi perubahan besar-besaran dalam dunia pendidikan Indonesia, yang akan mengantarkan Indonesia sebagai negara besar, berdaya saing, berdaulat, berdiri sejajar dan disegani oleh bangsa-bangsa lain di seluruh dunia.

Dalam buku profile ini tergambar niat yang tulus lillahi ta’ala, perasaan yang jujur usaha, kesungguhan, ikhtiar yang jelas, bertahap tapi pasti, yang insya Allah anda akan merasakan jika tuntas membaca dan menyelami buku ini. Karenanya jangan lewatkan untuk membaca keseluruhan isi buku ini.

Nampaknya, penting bagi setiap orangtua dan setiap pendidik memiliki buku ini untuk dikoleksi, diletakkan di perpustakaan, kemudian didiskusikan dan ditela’ah sehingga memperkaya khasanah dunia pendidikan ke-Islam-an. Selanjutnya, sudah menjadi kewajiban kita semua agar seluruh petunjuk kenabian yang terdapat di dalamnya diimplementasikan dalam bentuk amal nyata dalam kehidupan keseharian, kapan dan dimanapun kita berada. Setelah diamalkan kemudian berusaha memberitahukan dan mengajarkan kepada orang-orang yang ada di sekitar kita. Buku ini ditujukan bagi semua orang yang peduli dengan hakikat pendidikan sesungguhnya.

Semoga upaya ini menjadi sumbangan pemikiran berharga bagi bangsa dan negara tercinta, bermanfaat untuk kemajuan bidang pendidikan di Indonesia umumnya, dan bermanfaat bagi lembaga-lembaga pendidikan Islam khususnya. Serta, alangkah baiknya jikalau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) menjadikan ini sebagai buku pegangan di sekolah-sekolah, atau minimal menetapkan sebagian bab-babnya sebagai rujukan bagi para pendidik, karena memang buku ini sangat pas, enak dibaca, dan layak, insya Allah.

Sebagai penutup, kami sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak khususnya seluruh dewan guru dan manajemen Istana Mulia, yang telah berkontribusi seluruh waktu, tenaga, dan pemikirannya sehingga buku ini bisa selesai tepat pada waktunya dan dibagikan seiring acara launching Taman Wisata Pendidikan PesantrenBisnis.com (Entrepreneurs Academy) Informasi Teknologi Istana Mulia.

Terima kasih yang sebesar-besarnya juga kami sampaikan kepada masyarakat, tokoh masyarakat, lembaga-lembaga pendidikan, dan aparatur pemerintahan di seluruh kecamatan Cinangka atas dukungan dan kerjasamanya selama ini. Semoga ini menjadi langkah awal yang baik dalam bersinergi membangun peradaban mulia di Banten khususnya dan di Indonesia pada umumnya. Demikian, segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Wallahu’alam bishowwab.

Wassalamu’alaikum wr. Wb.

Cinangka, Banten, 1 Ramadhan 1435 H/ 29 Juni 2014 M
Manajemen Istana Mulia

0 komentar:

Popular Posts

Arsip SMP IT Istana Mulia Boarding School



Bookmark and Share