Rabu, 21 Januari 2015


SERI BUKU PANDUAN SUKSES GURU MULIA
PROGRAM SMART TEACHING AND FUN LEARNING
BERSAMA  : 
1. LIMPAD HADI PRATAMA, S.KOM, CT, CM, CSM
2. AYI MUZAYINI E.KOSASIH S.IP
3. DEDI SUHANDI, MA
4. IKO MUS MULYADI, S.P


Pelatihan Mengajar Cerdas & Belajar yang Menyenangkan
Istana Mulia Training Center TAMAN WISATA PENDIDIKAN (TWP) PESANTRENBISNIS.COM ISTANA MULIA ANYER CARITA SERANG

BERSAMA  : LIMPAD HADI PRATAMA, S.KOM, CT, CM, CSM


SEUTAS SALAM PENGHORMATAN KAMI 



Bapak/Ibu guru serta para siswa yang smart, setiap orang diberikan anugerah berupa potensi & kesempatan yang relatif sama dalam meraih kesuksesan, baik di pekerjaannya maupun di kehidupan sehari-hari. Namun dalam perjalanannya, tidak semua orang mampu menghancurkan segala belenggu yang ada di dalam dirinya dan melewati berbagai rintangan yang menghadang di hadapannya demi meraih kesuksesan yang menjadi impiannya tersebut.

Sukses adalah kemampuan seseorang, tim atau organisasi dalam mentransformasikan visi dan misi tertingginya menjadi kenyataan, dengan cara menggali, membangkitkan dan mengelola potensi yang dimilikinya, dalam rangka memenangkan kompetisi yang penuh tantangan, untuk menjadi yang terbaik di antara yang terbaik.

Oleh karenanya, kesuksesan hanya akan diinspirasi oleh sosok pribadi yang visioner, dimiliki oleh mereka yang memiliki mindset dan sikap mental yang positif, berkarakter tangguh dan berkeyakinan mendalam, dilaksanakan oleh mereka yang ikhlas, dimenangkan oleh mereka yang berani, dimulai oleh mereka yang cerdas, diraih oleh mereka yang sehat dan kuat, dilalui oleh mereka yang memiliki perencanaan yang matang, diselesaikan oleh mereka yang bekerja tuntas, digerakkan oleh mereka yang memiliki motivasi tinggi, dan dihasilkan melalui kerjasama yang sinergis dan harmonis.

Kami sangat menyadari dan memahami akan pentingnya hal tersebut. Oleh karenanya pada kesempatan ini dengan kerendahan hati kami persembahkan Program SMART TEACHING & FUN LEARNING, yaitu sebuah Pelatihan Mengajar Cerdas & Belajar yang Menyenangkan, yang sarat motivasi, penuh tantangan dan kaya inspirasi.

Program ini diharapkan akan mampu mengembangkan mindset, sikap mental, dan keterampilan para guru : bagaimana cara sukses mengajar yang menyenangkan dengan menghindari dan menghancurkan berbagai belenggu penghalang kesuksesan dalam mengajar. Selain itu, juga akan disampaikan sesi khusus untuk para siswa agar bisa merasa senang dan menikmati setiap proses belajar dengan motivasi belajar yang tinggi, mengembangkan potensi serta karakter pemenang sejati dalam diri mereka, sehingga mampu meraih capaian prestasi tertinggi, insya Allah.

Nikmati sensasi pengalaman baru yang berbeda dari Program Pelatihan yang mungkin pernah Bapak/Ibu serta para siswa ikuti sebelumnya, dan rasakan pula perubahan yang terjadi. Tidak lupa untaian rasa terima kasih kami haturkan atas kepercayaan yang diberikan kepada kami.

Semoga berkenan adanya. Mudah-mudahan kesuksesan selalu menyertai aktivitas dan kehidupan kita semua. Dan mohon dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya atas segala kekurangan.

Salam Hormat,
Limpad Hadi Pratama, S.Kom, CT, CM, CSM


SMART TEACHING & FUN LEARNING

Pelatihan Mengajar Cerdas & Belajar yang Menyenangkan

SMPIT ISTANA MULIA, 12 & 13 Januari 2015


ICE BREAKING, ENERGIZING, GROUPING AND RULE OF THE GAME

Membangun Suasana Training yang Menyenangkan dan Membangkitkan Spirit Motivasional


MATERI 1 “SUCCES QUANTUM TEACHING”
A. Life Motivation : Teaching with Etos
B. Menghancurkan Belenggu Penghalang Kesuksesan Dalam Mendidik
C. Bagaimana Cara Sukses Mengajar yang Menyenangkan


MATERI 2“SUCCES MULIA LEARNING”

A. Life Motivation : Dare to Dream Big
B. Kunci Sukses Belajar yang Menyenangkan
C. Breaking Mental Blocking : Menghancurkan Penghalang Kesuksesan dalam Belajar
D. Jurus Jitu Sukses Belajar Dengan Capaian Prestasi Nilai Tertinggi

SUCCES QUANTUM TEACHING

LIFE MOTIVATION : Teaching with Etos !

Bekerja di SMP Informasi Teknologi Istana Mulia adalah sebuah amanah suci dan mulia untuk mengukir dan melanjutkan sejarah, menciptakan amal-amal unggulan yang menyejarah dan menyejariyah, bukan sekedar mencari nafkah, betul 3x... ?!!!

“Bangsa yang besar tak akan pernah melupakan sejarah”
(Ir. Soekarno)
Bersamanya ada nilai-nilai, sikap, kebiasaan-kebiasaan, norma-norma dan perilaku sehari-hari yang di-yakini, di-hayati dan di-jalan-kan bersama-sama secara konsisten dan komitmen oleh seluruh individu untuk dapat mendukung pencapaian visi, misi, tujuan dan cita-cita suci nan luhur. Visi, misi & tujuan itu memandu arah & langkah, dan nilai-nilai yang menjadi pondasi nya, agar arah & langkah bisa konsisten, insya Allah...

“Hendaknya Perjuangan Kita Harus Didasarkan Pada Kesucian. Dengan Demikian, Perjuangan Merupakan Perjuangan Antara Jahat Melawan Suci. Dan Kami Percaya, Bahwa Perjuangan Suci Itu Senantiasa Mendapat Pertolongan Dari Tuhan. Apabila Perjuangan Kita Sudah Kita Dasarkan Atas Kesucian, Maka Perjuangan Itupun Akan Berwujud Perjuangan Antara Kekuatan Lahir Melawan Kekuatan Bathin. Dan Kita Percaya Kekuatan Bathin-Lah Yang Menang”

(Panglima Besar Jenderal Soedirman)

“Nah Bikin Negara Tidak Kecil-Kecilan, Bikin Bangunan Tidak Kecil-Kecilan, Bikin Cipta Tidak Kecil-Kecilan, Cipta Segala Cipta”
(Ir. Soekarno)

Pembinaan dan pengembangan SDM guru yang berkualitas harus dilakukan terus menerus dan berkelanjutan, mengapa ?

Mari kita tengok di lapangan, betapa ada sebagian SDM guru yang punya motivasi yang kuat dalam bekerja dan mengajar, namun masih kurang dalam aspek skillnya. Sementara itu, ada sebagian lagi yang memiliki skill yang mumpuni, namun sayangnya mereka bekerja dan mengajar dengan motivasi yang rendah. Bahkan tidak sedikit yang bekerja dan mengajar dengan semangat yang rendah dan lemah pula dalam aspek skillnya.

Oleh karenanya sekali lagi, pembinaan dan pengembangan SDM guru yang berkualitas harus dilakukan terus menerus dan berkelanjutan, are you ready ?!!!

RENUNGKANLAH……!!!

Ada aspek penting yang membuat dinamis-nya kehidupan kita sebagai manusia, yaitu etos dan kerja. Lalu apa artinya etos dan apa itu kerja ? Etos meliputi aspek nilai, keyakinan, pikiran dan motivasi. sedangkan kerja meliputi aspek perilaku, tindakan, aktivitas dan produktivitas.

PERENUNGAN SEKALIGUS TANTANGAN : Jangan Pernah Tinggalkan Generasi yang Lemah !

”Dan hendaklah takut kepada Allah, wahai orang-orang yang akan meninggalkan di belakang mereka generasi yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar”

MINDSET, SIKAP MENTAL, PEKA & BERBUAT : Dibutuhkan Karya Unggulan Anak Bangsa

Indonesia hari ini membutuhkan banyak sekali PAHLAWAN-PAHLAWAN BARU yang mampu memberikan keteladanan di tengah-tengah masyarakatnya, memiliki mindset, sikap mental, perilaku dan tindakan-tindakan menginspirasi yang positif dan solutif.

Negeri ini membutuhkan kita sebagai agen-agen perubahan (agent of change) ! Menjadikan pekerjaan dan profesi yang diembannya sebagai sebuah amanah sekaligus tantangan, berpikir dan bertindak untuk menghadirkan kontribusi karya unggulan yang menyejarah. Bernilai ibadah di hadapan Allah swt, bermanfaat bagi sesama anak bangsa.

Di kesempatan ini juga, marilah kita resapi bersama, bangun mindset serta sikap mental yang sama, bahwa sesungguhnya pekerjaan dan profesi sebagai guru yang sedang diemban saat ini adalah merupakan :

1. Rahmat, maka marilah kita bekerja tulus penuh rasa syukur
2. Amanah, maka bekerjalah dengan benar penuh tanggung jawab
3. Panggilan, maka bekerjalah tuntas penuh dengan integritas
4. Aktualisasi diri, maka bekerjalah keras penuh dengan semangat
5. Ibadah, maka bekerjalah serius penuh dengan kecintaan
6. Seni, maka bekerjalah cerdas penuh dengan kreativitas
7. Kehormatan, maka bekerjalah tekun penuh dengan keunggulan
8. Pelayanan, maka bekerjalah sempurna penuh dengan kerendahan hati

HERACLITUS
“Nothing endures but change”

From Diogenes Laertius,
Lives of Eminent Philosophers

DUNIA PERUBAHAN

Tulislah 5 langkah nyata apa yang akan dilakukan dalam sebagai wujud sikap amanah dan rasa tanggung jawab pekerjaan dan profesi sebagai guru yang sedang diemban saat ini ?

HASIL PERUBAHAN
PARADIGMA

PERUBAHAN PERILAKU

RICHARD HOOKER
“Perubahan selalu menimbulkan hal yang tidak menyenangkan, sekalipun itu perubahan ke arah yang lebih baik”
Richard Hooker (1554-1600)

SHIFTING PARADIGM

1. Persepsi, Asumsi atau Kerangka Acuan
2. Cara Kita Melihat Dunia
3. Bisa Berbeda, Bisa Salah, Bisa Terbatas, Mampu Membatasi Diri Kita, Merupakan Sumber Perilaku kita

PEPATAH IRLANDIA

“Jika Anda selalu melakukan apa yang selalu Anda lakukan selama ini, maka Anda akan selalu mendapatkan hasil yang selalu Anda dapatkan sebelumnya”

STEPHEN R. COVEY

“Agar bisa bertahan di dunia yang bergejolak, kita harus menyelaraskan diri dengan prinsip-prinsip yang menentukan…”
Stephen R. Covey The 7 Habits of Highly Effective People

SMART TEACHING & FUN LEARNING

Berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar dipengaruhi salah satunya oleh kualitas guru. Guru dituntut memiliki strategi mengajar yang menyenangkan, ia juga harus kreatif dan inovatif. Cara mengajar yang menarik dan menyenangkan akan membangkitkan dan meningkatkan gairah belajar siswa, memberikan motivasi dan memacu prestasi mereka.

Selain strategi, sosok siswa yang memiliki beragam karakter dan latar belakang harus pula dipahami guru agar tercipta komunikasi yang kondusif dan efektif. Fakta menunjukkan bahwa ada siswa yang tidak bersemangat dalam belajar dan dianggap bodoh, tapi ternyata ia jenius, dan siapa sangka anak yang drop out justru kemudian mengalami kesuksesan baik dalam pekerjaan, bisnis dan kehidupannya.

Keterampilan dan kreativitas seorang guru dalam mengajar sangat menentukan keberhasilan proses belajar mengajar di kelas. Karena itu, guru dituntut terus meningkatkan profesionalismenya, salah satunya dengan menerapkan metode Smart Teaching & Fun Learning. Metode tersebut akan merangsang siswa dapat belajar dengan aktif, kreatif dan menyenangkan.

Seorang guru tentunya ingin membangun iklim komunikasi yang baik dengan para siswanya, agar para siswa mengerti apa yang disampaikan dan membuat aktivitas belajar mengajar menjadi menyenangkan.

Mengajarkan yang menyenangkan dapat diciptakan dengan menjadikan ruang belajar mengajar menjadi ruang bermain yang nyaman dan menyenangkan (edutaintment method). Lebih dari itu, mengajar merupakan pekerjaan yang mulia. Apabila mengajar atas dasar itu, semua akan terasa mudah dan menyenangkan.

Para guru, di antaranya dituntut untuk cekatan merespon kebutuhan siswa, selalu siap untuk berdiskusi, dan menjadi pendengar yang baik atas persoalan belajar siswa. Tetapi, untuk melaksanakan itu semua, yang tak kalah penting adalah memberikan “rule of the game” yang jelas dan berikan kesempatan bagi siswa untuk memberikan umpan balik.

Lalu bagaimanakah mempraktikkannya ? Ada beberapa cara yang mungkin bisa membantu Anda untuk menciptakan komunikasi yang efektif antara pengajar dan anak didik.

1. Mulailah Pada Hari Pertama Sekolah
2. Jadilah Proaktif
3. Menjadi Pendengar yang Aktif
4. Pastikan Anda Mengatakan “Saya Mendengar Anda”
5. Lakukan Sebagaimana Anda Ingin Diperlakukan
6. Jangan Menghakimi dan Menuduh
7. Berkomunikasi secara Jelas dan Singkat
8. Menjadi Model Kejujuran dan Martabat
9. Menerima Pengulangan
10. Ciptakan Humor
HANCURKAN PENGHALANG KESUKSESAN DALAM MENGAJAR YANG MENYENANGKAN

Setiap guru memiliki potensi untuk berhasil menjalankan tugasnya sebagai agen pembelajaran yang handal. Keberhasilan guru tersebut dapat dilihat dari keberhasilan para siswa ketika mengikuti proses dan mencapai tujuan pembelajaran. Tanpa keberhasilan siswa, maka apapun yang dilakukan guru tidak ada nilainya. Kegagalan guru dalam mengajar sering terjadi akibat kesalahan mendasar yang tidak disadari telah dilakukan oleh guru.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan guru ketika mengajar yang bisa mengakibatkan kegagalan siswa mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Apa sajakah kebiasaan yang harus dihindari oleh guru dalam mengajar di kelas ? Berikut ini adalah hal-hal yang harus dihindari ketika mengajar. Cekidot ya !

1. Menulis Membelakangi Siswa
2. Menerangkan Terlalu Cepat
3. Memberikan Tugas Bukan Pada Waktunya
4. Kurangnya Variasi Metode Pembelajaran
5. Terlalu Banyak Bercerita
6. Berpikir Egosentris
7. Tidak Peka Terhadap Perubahan Suasana Kelas
8. Komunikasi Tidak Efektif
9. Mengajar Tanpa Persiapan
10. Tidak Melakukan Evaluasi Menyeluruh
11. Mengeluarkan Ancaman Terhadap Siswa
12. Membuat Suasana Kelas Membosankan

5 KEMAMPUAN YANG HARUS DIMILIKI SEORANG GURU
1. Menguasai Materi (Content Expert)

Seorang guru tidak akan optimal dalam mengajar, jika ia tidak menguasai dengan baik materi yang harus disampaikan. Materi pembelajaran menjadi menu utama yang paling ditunggu oleh para siswa.

2. Menguasai Cara Mengajar (Transfer Expert)

Sekalipun materi telah dikuasai, namun seringkali siswa tidak enjoy dalam belajar dikarenakan cara penyampaian materi yang membosankan, monoton dan tidak kondusif. Seorang guru sebaiknya menguasai dan memiliki berbagai jenis model-model ataupun metode penyampaian materi yang efektif mencapai tujuan belajar, menarik untuk diikuti hingga tuntas, serta dapat menghibur agar siswa selalu antusias dan tidak bosan untuk mengikuti setiap proses pembelajaran di sekolah.

3. Mengelola Proses Mengajar yang Optimal (Management Expert)

Seorang guru yang mandiri, umumnya ia mampu menyiapkan A sampai Z pertunjukan Orchestra pengajarannya di sekolah. Menguasai dan memaksimalkan media pembelajaran yang ada, menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, menyiapkan penyajian materi secara menarik dan berkesan, menyiapkan setting ruangan kelas yang dinamis dan lain-lain.

4. Mengidentifikasi Kebutuhan Mengajar (Social Expert)

Dikatakan guru yang hebat, jika mampu mengembangkan tujuan instruksional secara mandiri, mampu mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan siswa, bahkan mampu mendisain materi pengajaran dengan baik yang tidak hanya dapat dipahami oleh para siswa tapi juga bermakna dan mengesankan.

5. Menjadi Teladan (Model Expert)

Jika seorang guru telah memiliki 4 kemampuan sebelumnya, maka itu masih belum sempurna. Guru akan menjadi sempurna jika dapat diteladani sebagai model sukses dimulai dari aspek knowledge, behavior dan skill.

5 TIPS MEMBUAT KELAS PENGAJARAN YANG MENYENANGKAN

Aktivitas yang satu ini menjadi menu harian para guru di sekolah. Seorang guru sebagai fasilitator utama, sangat berperan untuk membuat menu harian ini dalam sajian yang selalu segar, menarik, tidak membosankan dan tentunya bergizi tinggi.

Penyajian yang selalu baru dan segar menjadi salah satu faktor untuk menentukan hasil dari proses belajar mengajar. Nah apa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk membuat menu harian ini segar dan bergizi tinggi ? Inilah tips dan triknya, cekidot !

1. Hindari Berdiri di Satu Posisi, Lakukan Mobile Teaching
2. Full Attention, Pancing Semua Siswa agar Nyaman Menyampaikan Pendapatnya
3. Variasi dalam Menyajikan Materi, Lakukan Class Warming Up
4. Berikan Perhatian ke Semua Siswa, Explore ‘Benih-Benih Paling’
5. Maksimalkan Teknologi, Buat Live Show Performance


SUCCES MULIA LEARNING

LIFE MOTIVATION : Dare To Dream Big !!!

Setiap anak diberi kesempatan yang relatif sama dalam meraih kesuksesan. Setiap anak memiliki sumber daya dalam dirinya. Hanya persoalannya adalah bahwa kebanyakan mereka tidak mengerti bagaimana mengejarnya dan mereka pun bahkan tidak menyadari bahwa dalam diri mereka terdapat ‘tambang emas’ yang luar biasa besarnya yang siap digali setiap waktu dan dapat dimanfaatkan untuk apa saja. ‘tambang emas’ tersebut adalah potensi diri dalam berbagai wujud energi potensial yang belum dimanfaatkan secara maksimal, imajinasi, emosi dan motivasi.

“Sukses adalah kemampuan seseorang mewujudkan imajinasi impian tertingginya menjadi kenyataan, dengan kekuatan motivasi yang ada dalam dirinya, menggali, membangkitkan dan mengelola potensi diri, serta menghancurkan belenggu diri melalui perjuangan yang penuh tantangan”.

Akan menjadi seperti apa seorang anak di kemudian hari, akan sangat tergantung pada seberapa konsisten ia menempa dirinya untuk menjadi seperti yang diinginkannya. Akan sampai di mana seorang anak pada periode waktu tertentu, sangat tergantung pada ikhtiar yang dilakukan serta rute jalan yang ia tempuh. Dan dalam perjalanannya, ternyata tidak semua anak bisa melewati seluruh rintangan yang datang menghadangnya.

Sejak diciptakan, kita dibekali oleh Allah dengan potensi yang besar. Satu di antaranya yang terpenting adalah kesadaran diri. Kesadaran diri adalah kemampuan kita untuk memahami dirinya sendiri, orang lain, dan dunia ini.

Dengan kesadaran diri inilah maka kita dapat mendeteksi kebutuhan-kebutuhan dan keinginan-keinginan kita untuk melakukan perubahan. Kesadaran diri inilah yang kemudian menggerakan kita untuk berani bermimpi, membuat tujuan, dan cita-cita yang tinggi hingga menembus langit dan jauh hingga melampaui usia. Dengan adanya kesadaran diri tersebut, maka jalan menuju ke titik perubahan itu akan semakin mudah untuk ditempuh.

Sadar bahwa kesuksesan berawal dari kuatnya impian (the power of dream). Sadar bahwa impian tersebut harus dilanjutkan dengan rencana aksi (action plan) dan fokus dengan tindakan nyata (take action and focus), yaitu terus belajar dan tetap berjuang dengan tidak mengenal menyerah, seperti kata D’Masiv, “Jangan Menyerah !!!”


KUNCI SUKSES BELAJAR NYAMAN & MENYENANGKAN

Belajar Kembali Tentang Cara Belajar

“Quantum Learning memberikan kiat-kiat, petunjuk, strategi dan seluruh proses yang dapat menghemat waktu, mempertajam pemahaman dan daya ingat, dan membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat …”
(Dee Dickinson, Presiden, New Horizons for Learning)

“Karena belajar menjadi begitu menyenangkan, maka tak ada lagi batasan dalam diri saya. kini saya tahu bahwa saya dapat belajar apapun”
(D.C. Cordova, Partner Excellerated Learning Institute San Diego, California)

“Saya adalah anak pandai dan berhasil di sekolah, namun belajar tidak pernah menjadi hal yang menyenangkan bagi saya. Namun kini belajar adalah hal yang menyenangkan tanpa perasaan cemas dan lelah seperti yang saya rasakan sebelumnya”

(Rosemary Bova Penasihat Manajemen, New York)

FALSAFAH BELAJAR : Belajar Dapat dan Harus Menyenangkan !!!

Pikiran dan hati yang senang akan menjadi jalan yang memudahkan proses belajar. Bukalah pikiran dan hati, maka akan terbuka hasanah ilmu pengetahuan yang begitu berlimpah dan bermanfaat untuk menjalani kehidupan. Dengan kondisi yang seperti itu, maka prestasi belajar akan semakin mudah dan menyenangkan untuk dicapai. Siap menerima tantangan, are you ready to be the Best Student ?!!!

Begini ceritanya...

Quantum Learning berakar dari upaya Dr. Georgi Lozanov, seorang pendidik berkebangsaan Bulgaria yang bereksperimen dengan apa yang disebutnya sebagai “Suggestology” atau “Suggetopedia”. Prinsipnya adalah sugesti dapat & pasti mempengaruhi hasil situasi belajar & setiap detil apapun memberikan sugesti positif atau negative.

A.M.B.A.K : Apa Manfaatnya Bagi AKu ?

Dengan mengetahui dan memahami serta menghayati manfaat yang sangat besar dari setiap bidang studi yang dipelajari, maka kita akan termotivasi untuk mau mempelajarainya. Kemauan yang besar untuk mempelajari apa yang dirasakan manfaatnya bahkan membuat kita menjadi nyaman dan senang sekali menjalani prosesnya, meskipun untuk itu ada tantangan besar yang harus dihadapi sesulit apapun, benar-benar dahsyat luar biasa...

Pepatah mengatakan, “Gunung tinggi kan kudaki, lautan luas kan kuseberangi demi mendapatkan ilmu pelajaran yang kita sukai”. Seseorang akan berjuang bisa sampai ke sebuah sekolah yang ia sukai meski harus melakukan perjalanan jauh yang penuh aral dan rintangan. Ketika anak yang lain merasakan itu sebagai siksaan, justru ia menikmati sebagai sebuah rekreasi panjang tiada akhir, subhanallah asyiknya...

Kalian sendiri bagaimana, belajar ini nyaman dan menyenangkan bukan... ?!!!

Coba dari tahu deh, apa kira-kira manfaatnya saya belajar Bahasa Indonesia, ayo siapa yang bisa jawab?

Tanyakan dan Rasakan deh bagaimana manfaat dari belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Arab dari para mahasiswa yang dapat beasiswa keluar negeri, Amerika, Eropa, ataupun Mesir, Saudi, Dubai atau Qatar.

Belajar Matematika juga asyik lho, karena manfaatnya dirasakan oleh para Arsitek yang bisa membangun karyanya di mana-mana, ada Jalan, Jembatan Suramadu, Kantor, Menara, Mall, bahkan gedung Sekolah ini, benar nggak ? Belajar IPA juga keren lho, karena ilmunya dipakai oleh kamu yang bercita-cita jadi Ilmuwan, Peneliti, Dokter dan lain-lain

Apalagi belajar Al-Quran dan Hadits, wuih yang ini kebahagiaannya tiada tara. Di dunia bisa bermanfaat dan di akhirat bisa selamat. Bahkan kalau bisa sampai jadi Hafidz Quran, bisa dapat beasiswa gratis belajar keluar negeri dan satu lagi, bisa jadi Imam Masjidil Haram atau Masjid Nabawi atau setidaknya bisa jadi Imam Masjid Istiqlal, aamiin...

Pokoknya kalau kita tahu apa manfaatnya belajar buat kita, pastinya kita akan terus semangat, dan menjalani setiap proses belajar dengan nyaman dan menyenangkan, betul 3x.... ?!!!

Maksimalkan Potensi Otak Kita yang Super-Dahsyat Ruaaarrr Biasa !!!
Percayakah kalian, ada 20 milyar sel otak di kepala kita lho ? Bener... !!! Artinya apa ya ?

Itu artinya, otak kita itu jauh lebih cerdas dibandingkan dengan komputer tercanggih di manapun berada. Saking cerdasnya, otak yang kita pakai ini bisa menyimpan memori begitu besar, ya betu sangat besar sekali...

Padahal selama ini kita baru memanfaatkan 1% saja dari potensi otak kita lho, eh itu Einstein deng. Kalau kita.. ? itu artinya masih lebih dari 99% sekali lagi, masih lebih dari 99% potensi otak kita yang belum kita gunakan, sayang banget kan otak kita cuma jadi pajangan aja di kepala kita...

Otak kita juga punya fungsi yang super dahsyat ruaaarr biasa lho. Kalau kalian kepingin jadi seorang pakar atau ahli atau spesialis, maka maksimalkan potensi otak kiri kalian. Tapi kalau kalian bercita-cita jadi seorang pengusaha atau mungkin menjadi pemimpin, kembangkan terus otak kanan kalian. Itu bukan berarti otak yang lain tidak kalian manfaatkan ya, karena Allah menciptakan segala sesuatunya pastinya bermanfaat, OK ?!!!

Umumnya orang-orang yang dominan otak kirinya, senang beraktivitas sebagai berikut :

Sementara orang-orang yang dominan berpikir otak kanannya akan senang terhadap kegiatan-kegiatan berikut ini :
Modalitas Belajar : Visual, Auditory atau Kinestetik

Kombinasi dari bagaimana kamu selama ini menyerap, lalu mengatur, dan mengolah informasi yang kamu terima dalam proses belajar. Mari kita cocokkan satu per satu.... Cekidot !!!


Breaking Mental Blocking : Menghancurkan Penghalang Kesuksesan dalam Belajar

Begini ceritanya....

Aku seperti kamu. Punya kelebihan dan juga kelemahan. Dulu, saat masih kecil aku menginginkan sesuatu, yaitu sukses berprestasi. Aku masih jauh dari kata sukses, bahkan aku sempat merasa tidak akan bisa sukses meraih prestasi. Kenapa ?

Karena, aku tidak sekaya teman-temanku. Karena aku tidak secantik teman-temanku. Aku tidak sekeren teman-temanku. Aku tidak pintar, walau juga tidak bodoh. Juga, beberapa sebab lain yang mungkin sama sepertimu, iya betul ! Aku ini terlalu standar dan rata-rata, bahkan kadang-kadang di bawah standar.

Tapi, aku beruntung karena diberi otak, pikiran dan hati oleh Allah untuk segera keluar dari tekanan itu. Lalu aku memutar otak ku, bagaimana caranya supaya bisa lebih baik dan bukan seperti orang kebanyakan. Ya, aku butuh perubahan dan ingin sukses mengukir prestasi !!!

Setiap kita punya pengalaman dalam hidup. Ada yang baik, ada yang kurang baik, ada keberhasilan, ada pula kegagalan, ada bahagia, ada juga kecewa. Kalau pengalaman baik, alhamdulillah kita syukuri. Kalau pengalaman yang kurang baik, ini yang sering menjadi batu sandungan saat kita melangkah, karena tidak jarang yang akhirnya membuat mindset kita menjadi negatif, memunculkan trauma atau dalam bahasa lain, akan menjadi mental block yang akan menghambat langkah kalian dalam proses belajar mengukir prestasi terbaik yang diinginkan.

Maka sudah sepatutnya kita singkirkan penghalang-penghalang yang akan menghambat prestasi kalian, setuju... ?!!!


Jurus Jitu Sukses Belajar Dengan Capaian Prestasi Tertinggi !!!

Jurus Jitu Sukses Belajar Dengan Capaian Prestasi Tertinggi !!!

1. Building Champion Mindset

Allah menciptakanmu dengan kesempurnaan ciptaan serta menganugerahimu 3 Karakter Pemenang Sejati :
a. Terdepan, Cepat, sigap dan cekatan
b. Selalu siap melakukan perubahan diri
c. Tangguh dan memiliki daya tahan

2. Breaking Mental Blocking :

Ada 3 Jurus menghancurkan Belenggu Kesuksesanmu :

a. Visualisasi Kegagalan
b. Jurus Sunting Film
c. Jurus Cuplik Film

3. Dare to Dream Big

Karena setiap impian adalah doa, maka fokuskan impian dalam setiap doa-doamu

4. Goal Setting & Locking

Tetapkan apa yang menjadi targetmu dan jangan pula Kunci-lah !!!

5. Take Action !!!

0 komentar:

Popular Posts

Arsip SMP IT Istana Mulia Boarding School



Bookmark and Share